Mulai Februari, Kinabalu Langsung Manado

Mulai Februari, Kinabalu Langsung Manado
Olly Dondokambey. Foto: Manado Post/JPNN

jpnn.com, MANADO - Penerbangan langsung dengan rute Kinabalu (Malaysia) - Manado dan Filipina - Manado, bakal dimulai pada Februari 2019 mendatang. Hal itu disampaikan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey (OD) seperti dilansir Manadopostonline (Jawa Pos Group), Selasa (8/1/2019).

Menurut OD, terwujudnya penerbangan langsung tersebut karena penandatanganan MoU antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut dengan pemerintah Kinabalu dan Filipina bakal dilakukan dalam beberapa hari ke depan.

“Memang sudah pasti untuk running Februari. Karena komunikasi yang kami bangun dengan pemerintah Kinabalu dan Filipina sudah sangat intensif. Kami juga sudah sepakat secepatnya melakukan penandatanganan MoU untuk penerbangan langsung tersebut. Jadi dalam beberapa hari ke depan, kami sudah akan mengatur waktu untuk penandatanganan ini,” ujarnya.

OD mengatakan kerja sama ini untuk memacu sektor pariwisata. Karena itu, pihaknya akan mempercepat terwujudnya penerbangan langsung dari Manado menuju beberapa negara. Apalagi menurut OD, kunjungan dari wisatawan mancanegara (wisman) mendominasi di Sulut.

“Kami amati yang banyak mengunjungi Sulut itu adalah wisman dibandingkan lokal. Dan itu meningkat drastis dengan adanya penerbangan langsung menuju China dan beberapa negara lain. Jadi kami sangat optimis, jika dengan terbukanya penerbangan langsung ke Kinabalu dan Filipina. Maka kunjungan di tahun ini bakal semakin meningkat. Kami targetkan lebih dari 150 ribu turis yang datang ke Sulut," ujarnya.

Penerbangan langsung dari Kinabalu dan Filipina juga, menurut OD, bisa berjalan lancar. Pasalnya tenaga imigrasi yang sering menjadi hambatan daerah untuk menerima kunjungan, sekarang sudah dalam jumlah ideal. Menurutnya, alur lalu lintas wisman juga akan sangat tertata untuk ke depan.

"Sistem kita tentu tidak mempersulit. Namun harus tetap diperiksa. Jangan ada yang longgar. Namun memang sebelumnya, kita terhalang dengan tenaga imigrasi yang terbatas. Sekarang jumlah sudah ideal. Jadi saya sangat berharap agar dengan semakin matangnya sarana dan prasarana dapat meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke daerah," kuncinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Daerah Sulut Lynda Watania mengatakan, untuk lalulintas penerbangan sudah disiapkan dengan baik. Lanjutnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga telah merekomendasikan untuk bisa dan segera membuat penerbangan langsung tersebut.

Penerbangan langsung dengan rute Kinabalu (Malaysia) - Manado dan Filipina - Manado, bakal dimulai pada Februari 2019 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News