Mulai Pekan Depan 2 RSUD di DKI Bakal Tangani Pasien Covid-19 Saja

Mulai Pekan Depan 2 RSUD di DKI Bakal Tangani Pasien Covid-19 Saja
Gubernur DKI Anies Baswedan (kanan) menyaksikan penjelasan Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti (kedua kiri) tentang penggunaan APD bagi tenaga medis di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (23/3). Foto: ANTARA/HO Humas Pemprov DKI

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI akan mengalihfungsikan RSUD Pasar Minggu dan RSUD Cengkareng menjadi rumah sakit khusus pasien penyakit virus corona (Covid-19).

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan bahwa mulai pekan depan kedua rumah sakit itu tidak lagi melayani pasien umum.

"Kami menambah kapasitas dan menjadi full (sepenuhnya) Covid di Pasar Minggu dan Cengkareng," kata Widyastuti di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (3/9).

Namun, Dinas Kesehatan DKI butuh waktu untuk menjadikan dua RSUD itu sebagai rumah sakit khsusus pasien Covid-19.

"Contohnya (RSUD) Cengkareng, ada bangunan terpisah yang satu covid dan satu lagi umum. Kami akan dedikasikan semuanya untuk covid," tutur Widyastuti.

Pejabat eselon II di Pemprov DKI itu menambahkan, untuk pasien umum atau yang tidak mengidap Covid-19 di RSUD Cengkareng dan RSUD Pasar Minggu akan dipindahkan ke rumah sakit lain.

"Pasien umumnya nanti harus dipindahkan dan asesmen ke rumah sakit lain," ujar Widyastuti.

Lebih lanjut Widyastuti mengatakan, pihaknya juga menggandeng rumah sakit swasta.

Dinas Kesehatan DKI akan mengalihfungsikan RSUD Pasar Minggu dan RSUD Cengkareng menjadi rumah sakit khusus pasien Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News