Mulai Selasa Semua Transaksi Nontunai, Maksimal 3 Detik

Mulai Selasa Semua Transaksi Nontunai, Maksimal 3 Detik
E-Toll. Ilustrasi Foto: Sutan Siregar/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mulai Selasa pekan depan (31/10), seluruh gerbang tol tidak lagi menerima transaksi tunai.

Sesuai rencana, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menerapkan sistem tapping secara menyeluruh.

Meski masih banyak masalah, mereka tetap optimistis. Mengingat data terakhir yang dihimpun tiga hari lalu (25/10) mencatat persentase gerbang tol yang menerapkan transaksi non-tunai sudah 91 persen.

Kepala Bidang Pengawasan dan Pemantauan BPJT Wahyudi Mandala Putra menjelaskan, pihaknya menerapkan kebijakan tersebut agar masyarakat semakin terbiasa bertransaksi menggunakan uang elektronik.

Sebab, mereka juga mengejar target pembayaran tol tanpa henti atau multi-lane free flow. ”Sebelum ke sana harus dimulai dulu dengan memakai sistem tapping,” kata dia kemarin (27/10).

Meski banyak menuai kritik, BPJT sangat yakin dengan rencana yang sudah mereka susun. Apalagi persentase penerapan transaksi nontunai di gerbang tol terus naik.

”Harapan kami akhir Oktober sudah seratus persen,” ungkap Wahyudi. Target itu berlaku baik di Jawa maupun luar Jawa. Dengan infrastruktur yang sudah tersedia, instansinya percaya target mereka tercapai.

Di samping ingin melangkah ke multi-lane free flow, BPJT menerapkan kebijakan transaksi nontunai di gerbang tol demi meningkatkan pelayanan.

Penerapan kebijakan tersebut agar masyarakat semakin terbiasa bertransaksi menggunakan uang elektronik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News