Mumpung Mudik Lebaran, Yuk Bikin e-KTP...

Mumpung Mudik Lebaran, Yuk Bikin e-KTP...
Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - KEBUMEN - Momen mudik Lebaran ternyata juga dimanfaatkan oleh pemudik yang sedang pulang kampung untuk membuat kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Di Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (1/7), kantor dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukpil) setempat sampai dijejali warga.

Warga yang mengantre itu adalah pemudik dan calon perantau. Mereka berusaha mendapatkan e-KTP sebagai kartu identitas di perantauan.

Kepala Bidang Kependudukan Disdukpil Kebumen, Ulfah Muswardhani mengatakan, sudah beberapa hari ini loket pembuatan e-KTP didominasi para pemudik dan calon perantau. Jumlahnya mencapai ratusan orang per hari.

“Mereka yang berusia di atas 17 tahun, rata-rata mengganti KTP manual yang sekarang sudah tidak berlaku. Sedangkan mereka yang baru berusia 17 tahun, kebanyakan adalah calon perantau yang ingin bekerja di luar Kebumen,” katanya seperti diberitakan Radar Kedu (Jawa Pos Group).

Ulfah lantas menjelaskan proses pengurusan e-KTP yang membutuhkan waktu beberapa hari. Sejak perekaman dan verifikasi data hingga pencetakan e-KTP dibutuhkan waktu antara satu hingga dua pekan.

Karena itu, pemudik maupun calon perantau yang membutuhkan e-KTP memanfaatkan waktu menjelang hari H Lebaran. “Agar saatnya berangkat ke perantauan, mereka sudah punya e-KTP,” katanya.(jpg/ara/jpnn)
 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News