Munas Aspeksindo Bakal Dibuka di Atas Kapal Perang TNI AL

Munas Aspeksindo Bakal Dibuka di Atas Kapal Perang TNI AL
Direktur Eksekutif ASPEKSINDO Andi Fajar Asti beraudiensi dengan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono di Jakarta, Jumat (1/10/2021). Foto: ASPEKSINDO

jpnn.com, JAKARTA - Musyawarah Nasional (MUNAS) II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) akan diselenggarakan di atas kapal perang milik TNI Angkatan Laut (AL), KRI Semarang-594 pada 8 - 10 Oktober 2021 di Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

“Sebagai bentuk kolaborasi ASPEKSINDO dengan TNI Angkatan Laut (AL), nantinya pembukaan kegiatan MUNAS ke-2 ASPEKSINDO akan diselenggarakan di atas Kapal Perang KRI Semarang-594,” ungkap Direktur Eksekutif ASPEKSINDO Andi Fajar Asti usai beraudiensi dengan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono di Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Menurut Fajar, Munas II ASPEKSINDO rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri oleh ratusan kepala daerah anggota ASPEKSINDO dari Seluruh Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum ASPEKSINDO Abdul Ghofur Mas’ud menyampaikan pembukaan kegiatan Munas ASPEKSINDO di atas Kapal Perang yakni KRI Semarang-594 sebagai upaya membentuk kultur Maritim.

“Selain itu, sebagai upaya membentuk kultur dan gaya hidup maritim yang dimulai dari membangun mindset maritim,” ungkap Ghofur yang akrab disapa AGM itu.

Ghofur mengatakan ASPEKSINDO nantinya akan mendorong Program Kampung Nelayan dan Kapal Pemuda Kebangsaan yang semuanya sebagai upaya menjaga dan mencintai maritim Indonesia demi mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Sedangkan Kepala staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan Apresiasi kepada ASPEKSINDO yang berkolaborasinya dengan TNI AL.

“Bagi kami apa yang diperjuangkan oleh ASPEKSINDO dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia sudah sejalan dengan TNI AL. Oleh karena itu, kolaborasi yang telah dibangun ini diharapkan berlangsung secara berkesinambungan sehingga terus dapat meningkatkan sektor kedaulatan maritim Indonesia,”  ujar Laksamana Yudo.

MUNAS II ASPEKSINDO akan dibuka di atas kapal perang milik TNI Angkatan Laut (AL), KRI Semarang-594 pada 8 - 10 Oktober 2021 di Belitung, Provinsi Bangka Belitung.