Muncul Perlawanan, Polisi Perketat Penjagaan

Muncul Perlawanan, Polisi Perketat Penjagaan
MENOLAK: Bendera setengah tiang tampak dipasang menjelang penutupan lokalisasi Dolly pada 18 Juni, Senin (16/6). Foto: Dipta Wahyu/Jawa Pos

jpnn.com - POLISI mencium potensi perlawanan dari kelompok yang menolak penutupan lokalisasi Dolly masih sangat besar. Bahkan kelompok penolak itu berkali-kali menunjukkan aksinya lewat berbagai cara.

Mulai demonstrasi di kantor kelurahan, menulis surat, membuat spanduk penolakan, hingga menggelar teatrikal. Kemarin pagi sejumlah pengelola wisma juga membuat aksi simbolis dengan mengibarkan bendera setengah tiang di depan wisma.

Karenanya, jajaran Polrestabes Surabaya dan Polda Jatim melakukan berbagai upaya antisipasi terjadinya bentrok. Salah satunya dengan mengintensifkan patroli mulai Senin (16/6) malam. Langkah lain, sejak hari ini, polisi menjaga arena deklarasi di Islamic Center. 

Nah, pada 18 Juni besok, polisi juga akan siaga di berbagai titik strategis di kawasan Dolly dan di objek vital milik pemerintah.

Tidak hanya mengamankan, polisi juga mengimbau masyarakat di kawasan Dolly untuk tidak melakukan gerakan yang menyimpang dari aturan. Sebab, polisi siap memediasi warga kawasan lokalisasi yang ingin menyampaikan aspirasi. Mereka juga diimbau untuk tidak melakukan unjuk rasa saat malam.

”Kami menghargai perbedaan. Tapi, semua harus disalurkan sesuai aturan. Untuk itu, kami mengimbau agar warga di lokalisasi dan kelompok yang menolak penutupan tidak bertindak di luar ketentuan yang berlaku,” jelas Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Setija Junianta.

Sejauh ini polisi melihat potensi kerawanan yang sudah diprediksi tersebut tidak bakal menjadi kenyataan. Sebab, polisi melakukan beragam upaya untuk meminimalisasi munculnya kerawanan sejak jauh-jauh hari. 

Sementara itu berbacai cara ditempuh kelompok yang menolak penutupan Dolly. Aksi tersebut menunjukkan bahwa mereka belum puas dengan penutupan itu.

POLISI mencium potensi perlawanan dari kelompok yang menolak penutupan lokalisasi Dolly masih sangat besar. Bahkan kelompok penolak itu berkali-kali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News