Muncul Tudingan Ijazah SMA Milik Jokowi Palsu, Faktanya?

Muncul Tudingan Ijazah SMA Milik Jokowi Palsu, Faktanya?
Muncul tuduhan ijazah SMA Jokowi palsu, Kepala SMA Negeri 6 Solo, Agung Wijayanto memastikanijazah Jokowi asli, Rabu (16/1). Foto: Ari Purnomo/JawaPos.com

jpnn.com, SOLO - Di dunia maya mulai muncul tudingan yang menyebut ijazah SMAN 6 Solo milik Presiden Jokowi palsu. Tudingan muncul, mengingat sekolah tersebut baru berdiri pada 1985. Sedangkan Jokowi diketahui lulus pada 1980.

Kepala SMA Negeri 6 Solo Agung Wijayanto menjelaskan bahwa ijazah Jokowi merupakan ijazah asli. Dan mantan wali kota Solo itu merupakan lulusan dari SMA Negeri 6 Solo.

"Memang dulu namanya bukan SMA Negeri 6, melainkan Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan atau SMPP," terang Agung saat ditemui JawaPos.com di ruang kerjanya, Rabu (16/1).

Agung melanjutkan, SMPP ini berdiri pada 26 November 1975. Selain di Solo, pendirian SMPP ini juga dilakukan di beberapa daerah lain. Seperti di Purwodadi dan juga Wonosobo.

Hal ini sesuai dengan surat dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 025.b/0/1975 tentang pembukaan beberapa SMPP di Jawa Tengah.

Sedangkan untuk SMPP di Solo baru menerima peserta didik pada 1976. Mengingat, sejak didirikan perlu dilakukan penataan dan persiapan untuk penerimaan peserta didik pertama.

"Pak Jokowi merupakan siswa angkatan pertama saat SMPP berdiri. Untuk kurikulum yang diajarkan di SMPP juga sama dengan SMA, mengingat pengajarnya dulu juga dari SMA Negeri 5 Solo," urainya.

Untuk pendaftaran sendiri masih menjadi satu dengan SMA Negeri 5. Kemudian jumlah siswa dibagi menjadi dua sekolah sesuai dengan urutan kelasnya. Untuk kelas 1.1 sampai 1.5 masuk ke SMA Negeri 5.

Mulai muncul tudingan yang menyebut ijazah SMA milik Presiden Jokowi palsu, namun Kepala SMAN 6 Solo memastikan ijazah mantan gubernur SKI itu asli.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News