Munculkan Wacana Merger Klub LPI-ISL

Munculkan Wacana Merger Klub LPI-ISL
Djohar Arifin. Foto: Dok.JPNN
JAKARTA - Meski baru sebatas wacana, format kompetisi baru yang digagas PSSI menuai respons beragam. Terutama terkait dengan pembagian level satu dan dua. Setiap klub harus membayar deposit yang berbeda menurut level yang diikuti. Selain itu, klub juga wajib lolos verifikasi.

Dengan format seperti itu, klub Liga Primer Indonesia (LPI) berpotensi masuk menjadi peserta kompetisi mendatang. Nah, hal ini yang mengundang reaksi keras dari klub Indonesia Super League (ISL) dan Divisi Utama. Untuk mengakomodasi kepentingan itu, PSSI menawarkan wacana baru. Yakni, merger alias penggabungan klub. Hal ini bisa dilakukan oleh klub LPI dengan klub dari ISL atau Divisi Utama.

"Bisa saja ada pengawinan antara klub profesional yang sudah ada dengan klub LPI. Misalnya, Persiraja Banda Aceh dikawinkan dengan Aceh United," kata Djohar Arifin Husin, ketua umum PSSI, kepada wartawan di Jakarta kemarin (4/8). Persiraja baru saja mendapatkan tiket promosi ke ISL. Sedangkan Aceh United adalah salah satu kontestan LPI.

Menurut Djohar, merger bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah dana setelah klub profesional tidak boleh lagi menggunakan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah (APBD). "Untuk pengawinan Persiraja dengan Aceh United, bisa jadi manajemen dan nama klubnya masih Persiraja. Tapi, untuk sokongan dana bisa dari Aceh United," jelas Djohar.

JAKARTA - Meski baru sebatas wacana, format kompetisi baru yang digagas PSSI menuai respons beragam. Terutama terkait dengan pembagian level satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News