Mungkinkah Diet Sehat Mencegah Otak Menyusut

Mungkinkah Diet Sehat Mencegah Otak Menyusut
Makanan sehat. (Foto: pixabay/jpnn)

jpnn.com - Penelitian baru menunjukkan bahwa pola makan sehat yang kaya buah, sayuran, ikan dan lemak sehat bisa membantu mencegah otak menyusut seiring bertambahnya usia, yang pada gilirannya bisa membantu mempertahankan keterampilan kognitif.

Dilakukan oleh peneliti di Erasmus University Medical Center di Rotterdam, Belanda, studi ini mengamati 4.213 peserta dengan usia rata-rata 66 tahun, tidak ada yang menderita demensia.

Para peserta diminta untuk melengkapi kuesioner makanan yang menunjukkan berapa banyak dari hampir 400 item terdaftar yang mereka makan dalam sebulan terakhir.

Kualitas masing-masing peserta diet diberi skor nol hingga 14, dengan kualitas diet berdasarkan panduan diet Belanda.

Pola makan tinggi sayuran, buah, biji-bijian, kacang polong, kacang-kacangan, susu, ikan dan minuman bergula rendah dianggap sebagai makanan terbaik, dengan skor tujuh rata-rata untuk para peserta.

Peserta kemudian menjalani scan otak menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) untuk menentukan volume otak mereka, jumlah lesi materi putih otak dan pendarahan otak kecil.

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor lain yang memengaruhi seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, merokok, aktivitas fisik, serta perbedaan ukuran kepala, tim peneliti menemukan bahwa skor diet yang lebih tinggi dikaitkan dengan volume otak total yang lebih besar.

Lebih khusus lagi, hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan berkualitas lebih baik memiliki rata-rata dua mililiter lebih banyak volume otak dibandingkan mereka yang tidak.

Penelitian baru menunjukkan bahwa pola makan sehat yang kaya buah, sayuran, ikan dan lemak sehat bisa membantu mencegah otak menyusut seiring bertambahnya usia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News