Murka

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Murka
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - Soal kecintaan terhadap produk-produk dalam negeri Alim Markus jagonya. Pengusaha senior asal Surabaya itu menjadi produsen alat-alat rumah tangga paling terkemuka di Jawa Timur, dan menghabiskan hidupnya untuk kampanye mencintai produk dalam negeri.

Alim membuat banyak serial kampanye cinta produk dalam negeri yang disiarkan di sejumlah televisi nasional. Ia tampil bersama mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie dan penyanyi senior Titik Puspa mengenakan pakaian tradisional.

Setiap akhir iklan Alim mengucapkan tagline yang menjadi kekhasaannya: “Cintailah Ploduk-Ploduk Indonesia”.

Aksennya yang terbata-bata dan lidahnya yang cadel membuat Alim tidak bisa mengucap “produk” dengan fasih, dan yang terdengar adalah “ploduk”.

Namun, ternyata kecadelan itu justru membuat iklan-iklannya viral. Ungkapan “ploduk-ploduk” menjadi ciri khas Alim Markus yang sering dikutip banyak orang sebagai candaan maupun sebagai ungkapan serius.

Alim Markus berusia lebih dari 70 tahun, masih sehat, lincah, dan ramping karena rutin bermain tenis meja di “Dengkul Klub” bersama sesama pengusaha China.

Markus mendirikan grup Maspion yang menjadi produsen terkemuka alat-alat rumah tangga, elektronika, dan pipa PVC yang mempekerjakan 30 ribu orang.

Setiap pagi dan sore jalanan di bundaran Waru yang menghubungkan Bandara Juanda dengan pusat kota Surabaya penuh sesak oleh karyawan Maspion yang berangkat dan pulang kerja.

Inilah yang harus menjadi perhatian Jokowi, yakni pungutan liar yang dilakukan oleh para siluman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News