Museum Alquran Terbesar Kedua Ada di Jakarta Lho..

Museum Alquran Terbesar Kedua Ada di Jakarta Lho..
Museum Bayt Alquran. Foto: pojokpitu

jpnn.com - JAKARTA—Tidak perlu jauh-jauh ke negeri tetangga, Jakarta ternyata juga punya museum Alquran. Museum Bayt Alquran, namanya. Lokasinya, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Bahkan, museum Alquran di Jakarta ini merupakan yang terbesar kedua di dunia. Yang menduduki urutan pertama adalah museum Alquran di Bahrain. Di museum Bayt, pengunjung bisa melihat koleksi Alquran dari berbagai ukuran. Ada Alquran klasik yang menggunakan tulisan tangan hingga modern.

Museum religi ini sangat cocok untuk wisata keluarga anda di bulan suci Ramadan. Museum ini, mengoleksi mushaf Alquran yang unik dengan berbagai ukuran. Alquran terbesar dan terkecil sekalipun, menjadi koleksi museum terbesar di Indonesia ini.

Museum Bayt Alquran ini diresmikan Presiden RI Soeharto, pada 20 April 1997. Sekarang, berada di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. 

 Bayt Alquran, mengoleksi karya-karya terkenal para ulama dan intelektual muslim nusantara sejak abad ke 17-20.

“Saya berkunjung ke museum ini bersama keluarganya untuk mengenalkan Alquran kepada anak-anak,” ujar Rizal salah satu pengunjung yang memboyong keluarganya ke museum.

Di museum Bayt Al-Quran, pengunjung bisa melihat semua yang berhubungan dengan Alquran.  Seperti mushaf Istiqlal, mushaf Wonosobo, mushaf Sundawi dengan ragam hias khas Jawa Barat. Juga ada mushaf Malaysia Alquran pusaka Republik Indonesia,  mushaf Al-Banjari, Alquran kuno nusantara, hingga Alquran huruf braille. (pul/pojokpitu/flo/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News