Museum Basoeki Abdullah Gelar Kompetisi Lukisan 2 Dimensi untuk Generasi Muda

Museum Basoeki Abdullah Gelar Kompetisi Lukisan 2 Dimensi untuk Generasi Muda
Kepala Museum Basoeki Abdullah Maeva Salmah (jilbab putih) bersama tim juri kompetisi BAAA #4. Foto mesya/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Museum Basoeki Abdullah, Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek kembali menggelar kompetisi untuk generasi muda.

Kompetisi Basoeki Abdullah Art Award (BAAA) bagi usia 17-30 tahun itu dimulai 1 April sampai 10 Juli 2022.

Kepala Museum Basoeki Abdullah Maeva Salmah mengungkapkan kompetisi itu bertujuan memberikan ruang apresiasi, ekspresi, edukasi, dan kreasi bagi generasi seni rupa muda Indonesia. 

"Kompetisi ini mengajak generasi muda usia 17 sampai 30 tahun berkarya dalam bentuk lukisan dua dimensi," kata Maeva Salmah di Jakarta, Jumat (11/3).

Dia menjelaskan pengembangan tema tahunan Museum Basoeki Abdullah selalu didasarkan pada pembagian tema lukisan Basoeki Abdullah.

Salah satu pilihan tema lukisan Basoeki Abdullah tahun 2022 ialah Tokoh Bangsa.

Ini karena Basoeki Abdullah banyak menciptakan karya seni lukis dengan figur tokoh bangsa, baik tokoh sezaman maupun yang dikaitkan dengan peristiwa perjuangan bangsa Indonesia.

Maeva mengatakan tema Tokoh Bangsa, bukan terbatas pada lukisan potret, tetapi juga terkait kepekaan estetis yang tinggi dalam konteks realitas sosial dan berbagai peristiwa sejarah. 

Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek lewat Museum Basoeki Abdullah mengajak generasi muda ikut kompetisi lukisan 2 dimensi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News