Musibah KM Rafelia II, Komisi V DPR Bilang Begini

Musibah KM Rafelia II, Komisi V DPR Bilang Begini
KM Rafelia 2 karam. FOTO: DOK.TNI AL for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Anggota Komisi V DPR M Nizar Zahro menyampaikan duka atas musibah tenggelamnya KM Rafelia II rute pelabuhan Gilamanuk - Ketapang di Selat Bali. Di sisi lain, ia juga menyoroti kondisi transportasi laut yang sudah tidak memadai.

Politikus Gerindra itu mengatakan, solusi permanen untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang kembali adalah dengan pengawasan ketat bagi semua kapal motor penumpang sesuai dengan batas maksimal angkutannya, tidak boleh melebihi batas.

“Apalagi sudah jadi rahasia umum bahwa  mayoritas kapal yang beroperasi di Indonesia, khususnya kapal motor penumpang banyak yang tua dan kapal bekas,” katanya saat dihubungi pada Minggu (6/3).

Ia berharap kejadian yang menimpa KM Rafelia II segera diselidiki. Sebab, seringkali penyebab kecelakaan transportasi termasuk di laut terjadi akibat kapasitas penumpang tak sesuai manifest.

“Data penumpang dan barang yang dibawa KM Refalia harus dipastikan oleh otoritas Syahbandar," pintanya.

Di sisi lain, pihak KNKT wajib menyelidiki penyebab tenggelamnya KM Rafelia II, sekaligus menjadi catatan bagi regulator agar betul-betul menerapkan kebijakan tentang pelayaran secara ketat.(fat/jpnn)


JAKARTA – Anggota Komisi V DPR M Nizar Zahro menyampaikan duka atas musibah tenggelamnya KM Rafelia II rute pelabuhan Gilamanuk - Ketapang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News