Musim Hujan, Hindari 3 Lokasi ini Saat Liburan Akhir Tahun

Musim Hujan, Hindari 3 Lokasi ini Saat Liburan Akhir Tahun
Hujan deras. Foto dok jpnn.com

jpnn.com - Menyambut pergantian tahun, banyak orang yang memanfaatkannya untuk liburan. Hanya saja, pada musim hujan seperti ini, sebaiknya pilihlah destinasi berlibur yang aman, sekaligus menghindari beberapa lokasi yang diketahui rawan bencana.

Belajar dari musibah tsunami di Selat Sunda pada Sabtu (22/12) lalu, langkah-langkah antisipasi ekstra sebaiknya dilakukan, apalagi jika destinasi liburan bersentuhan dengan alam.  

Demi kelancaran, kenyamanan, dan keselamatan saat liburan akhir tahun, berikut ini beberapa tempat yang sebaiknya Anda hindari saat musim hujan:

1. Pantai

Pantai merupakan salah satu destinasi favorit saat liburan. Suara ombak yang berdebur, angin sepoi-sepoi, atau membayangkan menyeruput es kelapa muda sambil berjemur memang menyenangkan.

Namun, biasanya saat musim hujan ombak di pantai lebih sering pasang dan cenderung tinggi, sehingga sebaiknya dihindari. Apalagi jika letak pantai tak begitu jauh dari gunung berapi yang diketahui aktif, atau beberapa bulan belakangan dilaporkan mengalami peningkatan aktivitas. Selain itu, berenang di laut saat ombak sedang tinggi juga berbahaya.

2. Arung jeram di sungai

Saat libur akhir tahun, banyak juga orang yang memanfaatkannya dengan melakukan aktivitas yang menantang. Contohnya adalah rafting atau arung jeram di sungai. 

Langkah-langkah antisipasi ekstra sebaiknya dilakukan, apalagi jika destinasi liburan bersentuhan dengan alam.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News