Jumat, 15 Desember 2017 – 03:57 WIB

Musim Hujan, Pasokan Ikan Asin ke Padang Tetap Lancar

Kamis, 07 Desember 2017 – 03:30 WIB
Musim Hujan, Pasokan Ikan Asin ke Padang Tetap Lancar - JPNN.COM

jpnn.com, PADANG - Musim hujan yang melanda sebagian besar wilayah Padang sejak satu bulan terakhir tak memengaruhi pasokan ikan asin di Pasar Raya.

Pasokan ikan asin baik yang di pasok dari pulau Jawa dan Sumatera tergolong lancar.

Muhammad Iqbal 40, salah seorang penjual ikan asin di Pasar Raya blok II lantai satu menyebut pasokan ikan asin tergolong lancar meski satu bulan ini sebagian wilayah Indonesia memasuki musim penghujan.

"Pasokan ikan tergolong lancar, karena hujan acap kali turun saat malam hari, jadi tidak terlalu berpengaruh bagi pengusaha ikan asin," sebutnya kepada Padang Ekspres, Rabu (6/11) siang.

Meski pasokan tergolong lancar, dijelaskan Iqbal, jual beli justru mengalami penurunan, meski banyak yang memprediksi jual beli ikan asin mengalami kenaikan karena masuknya musim penghujan.

"Daya beli masyarakat cenderung menurun, saya berfikir juga naik jual beli karena musim penghujan, namun tidak juga, malah bisa dikatakan menurun," jelasnya.

Ikan asin yang ia jual, menurut Iqbal berasal dari pulau Jawa dan Sumatera dengan harga yang masih tergolong stabil seperti saat musim kemarau. Untuk ikan asin jenis Asoaso di jual Rp 90 ribu per kilogramnya dan ikan asin Gambolo Aceh di patok Rp 50 ribu per kilogramnya.

"Kedua ikan asin ini merupakan komoditi unggulan saat memasuki musim penghujan, namun karena harga cabai masih tergolong mahal, tidak ada peningkatan jual belinya," ulasnya.

SHARES
loading...
loading...
Komentar