Musim Hujan, Waspadai Diare

Musim Hujan, Waspadai Diare
Musim Hujan, Waspadai Diare
CIREBON- Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr Edy Sugiharto MKes meminta masyarakat untuk waspada akan penyakit diare. Pasalnya di musim hujan yang sedang berlangsung saat ini, kemungkinan masyarakat terserang diare cukup besar. "Di musim hujan ini, masyarakat harus waspada pada masalah pencernaan, seperti diare," ujar dia, kepada Radar (Grup JPNN).

Beragam pencegahan, diharapkan Edy, bisa dilakukan oleh masyarakat. Salah satunya adalah berperilaku hidup sehat. Langkah kecil ini, bisa diterapkan pada diri sendiri dan keluarga terlebih dahulu. Seperti mulai membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan dan beraktivitas, pembersihan saluran air secara berkala dan hal-hal lainnya. Dalam hal menyiapkan bahan makanan pun, harus tak luput dari kebersihan, sehingga aman saat dikonsumsi.

"Perilaku hidup sehat harus kembali diterapkan, membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan, membersihkan bahan masakan sebelum dimasak, dan juga membersihkan lingkungan sekitar khususnya saluran harus dilakukan secara berkala," jelasnya.

Untuk usia lanjut, Edy mengimbau agar tidak sering berada di luar rumah, karena rentan terserang penyakit. Masyarakat, harus waspada terhadap pedagang-pedagang minuman pinggir jalan, karena rentan menggunakan air yang tidak higienis.

CIREBON- Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr Edy Sugiharto MKes meminta masyarakat untuk waspada akan penyakit diare. Pasalnya di musim hujan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News