Muslim Cs 12 Jam Terombang-ambing di Laut, Diselamatkan Kapal yang Berlayar ke India

Muslim Cs 12 Jam Terombang-ambing di Laut, Diselamatkan Kapal yang Berlayar ke India
Nelayan Pangkalan Brandan, Sumatera Utara, saat hendak diturunkan dari kapal SAR, KN Kresna, di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Jumat (4/12/2020). ANTARA/M Haris SA

jpnn.com, BANDA ACEH - Sebanyak empat orang nelayan asal Sumatera Utara telah dievakuasi oleh Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) Aceh yang diselamatkan kapal kargo setelah kapal motor mereka tenggelam di Selat Malaka.

Kepala Basarnas Aceh Budiono mengatakan, keempat nelayan tersebut dievakuasi dari kapal MV Arsinoe berbendera Siprus yang sedang berlayar ke India.

"Mereka dievakuasi dari kapal kargo tersebut untuk selanjutnya dipulangkan ke daerah asal. Evakuasi berlangsung di dekat perairan Pulau Weh, Sabang," kata Budiono di Banda Aceh, Jumat (4/12).

Keempat nelayan asal Sumut yang diselamatkan Kapal MV Arsinoe adalah Muslim (48), Solihin Imannuddin (27), Saayan (39), dan Sahrul (38). Mereka merupakan warga Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat, Sumut.

Para nelayan itu terlihat terapung-apung di dekat jalur MV Arsinoe di Selat Malaka, sekitar 50 mil laut dari arah Timur Tanjung Genting, Malaysia. Mereka sempat melambaikan tangan saat berjarak sekitar 200 meter dari kapal kargo tersebut.

Budiono menyebutkan, operasi evakuasi keempat nelayan itu dilakukan setelah kapten MV Arsinoe menghubungi Basarnas Pusat yang menginformasikan penyelamatan nelayan Indonesia.

"Dari informasi tersebut, kami diperintahkan mengevakuasi mereka. Evakuasi menggunakan kapal SAR KN Kresna. Selanjutnya, keempat nelayan tersebut diserahkan kepada Pangkalan PSDKP Lampulo Banda Aceh," jelasnya.

Kepala Seksi Operasional Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan (PSDKP) Lampulo Herno Adiyanto mengatakan, keempat nelayan tersebut dipulangkan pada Sabtu (5/12).

Mereka bertahan di lautan sejak subuh, hingga Kapal MV Arsinoe berbendera Siprus yang berlayar ke India melintas dan memberi pertolongan..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News