Muslimah Ganjar Gelar Sosialisasi Penanganan dan Pencegahan Stunting di Jakarta

Muslimah Ganjar Gelar Sosialisasi Penanganan dan Pencegahan Stunting di Jakarta
Muslimah Ganjar Pranowo mengadakan sosialisasi pencegahan stunting di Jakarta. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Sukarelawan Muslimah Ganjar Pranowo mengadakan sosialisasi dan penanganan stunting kepada puluhan perempuan muslim Jakarta pada Sabtu (29/7).

Sosialisasi bertajuk ‘Cukupi Gizi, Lengkapi Imunisasi, dan Sanitasi’ ini digelar di Jalan Sekretariat Nomor 26, RT 03/06 Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

“Tujuannya agar masyarakat memahami strategi penanganan dan pencegahan stunting ini sejak dini, khususnya untuk ibu-ibu kepada anak dan cucunya, keluarga terdekatnya, dan bagaimana cara menangani stunting dengan benar,” kata Koordinator Wilayah Muslimah Ganjar Jakarta Selatan Fairuz Qolbi dalam siaran persnya.

Bekerja sama dengan praktisi lembaga Jaringan Indonesia Muda, puluhan perempuan muslimah dari berbagai rentang usia diberikan pengetahuan seputar stunting seperti pola asuh anak, pola makan, hingga penggunaan sanitasi dan akses air bersih.

Kemudian mereka juga dipaparkan soal pemenuhan gizi ibu dan anak di fase kehamilan, pemberian ASI eksklusif hingga bayi berusia enam bulan, sampai pentingnya imunisasi anak sebagai benteng pencegahan stunting.

“Mereka juga dijelaskan bagaimana pencegahan stunting kerdil untuk anak-anak, baik secara lingkungan, sosial, serta bagaimana pencegahan yang baik,” kata Fairuz.

Fairuz mengatakan kegiatan ini terinspirasi sosok Ganjar Pranowo yang punya kepedulian tinggi terhadap penanganan penurunan angka stunting selama dua periode memimpin Jawa Tengah (Jateng) sebagai Gubernur.

Berdasarkan perhitungan elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (ePPGBM), stunting di Jateng tahun 2018 sebesar 24,4 persen dan turun di 2019 menjadi 18,3 persen. Lalu tahun 2020 turun lagi 14,5 persen, 2021 menjadi 12,8 persen hingga pada tahun 2022 berada di angka 11,9 persen.

Sukarelawan Muslimah Ganjar Pranowo menggelar sosialisasi penanganan dan pencegahan stunting di Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News