Muzani: Festival Budaya Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan UMKM

Muzani: Festival Budaya Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan UMKM
Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani saat menghadiri Festival Budaya Meriam Kuluwung di Kabupaten Bogor, Kamis (4/5/2023). Foto: Fraksi Gerindra MPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani menghadiri Festival Seni Budaya Desa Sukamakmur di Kabupaten Bogor, Kamis (4/5).

Kegiatan itu juga dihadir?i? Anggota DPR RI Mulyadi, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto, dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi Gerindra.

Festival tersebut menampilkan adu meriam Kuluwung karbit yang menjadi budaya warga setempat. Budaya yang hilang selama 13 tahun itu digagas kembali oleh anggota DPRD Kabupaten Bogor Anshori.

"Saya dulu sering mainan meriam seperti ini, tetapi terbuat dari bambu. Tidak sebesar ini ukurannya dan tidak sekencang ini suaranya," ujar Muzani.

Bagi ketua Fraksi Gerindra DPR itu, festival budaya tersebut sangat menarik dan harus dilestarikan di tengah-tengah masyarakat.

Festival semacam itu juga memberikan insentif terhadap pergerakan ekonomi di desa-desa, terutama UMKM setempat.

"Dengan adanya acara semacam ini laju ekonomi berjalan baik dan UMKM diharapkan dapat tumbuh dan berkembang untuk lebih besar lagi," ucap sekjen Gerindra itu.

Muzani juga mengingatkan agar panitia festival meriam Kuluwung memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan.

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani menilai festival budaya meriam Kuluwung harus dilestarikan karena dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News