MV Faina Terbukti Pasok Senjata

MV Faina Terbukti Pasok Senjata
MV Faina Terbukti Pasok Senjata
NAIROBI - Kian kuat bukti bahwa alat berat militer muatan kapal Ukraina MV Faina yang dibajak bukanlah untuk militer Kenya, melainkan dipasok untuk Sudan Selatan. BBC kemarin (8/10) melansir bukti baru salinan surat keterangan muatan dan surat kontrak yang dibuat pemerintah Kenya dengan pemerintah Sudan Selatan.

Kontrak yang menyebutkan 33 tank T-72 buatan Rusia, peluncur roket, dan pesawat antipeluru itu berinisial GOSS (Government of South Sudan). Sudan Selatan memang sedang membangun kekuatan menghadapi referendum kemerdekaannya pada 2011.

Dikonfirmasi, Francis Nazario -pimpinan misi Sudan Selatan di Brussels- mengatakan bahwa dirinya sudah melihat surat tersebut, namun itu tidak membuktikan apa pun. ''Yang saya tahu, kami tak berkepentingan apa pun terhadap isi muatan kapal, lagi pula kapal itu tidak menuju Sudan Selatan,'' tandasnya kepada BBC Biro Khusus Afrika.

Dia menegaskan, kalaupun memang kapal tersebut memuat alat berat militer untuk negaranya, toh itu tidak dilarang.

NAIROBI - Kian kuat bukti bahwa alat berat militer muatan kapal Ukraina MV Faina yang dibajak bukanlah untuk militer Kenya, melainkan dipasok untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News