Tiongkok Kecam Penjualan Senjata AS ke Taiwan

Tiongkok Kecam Penjualan Senjata AS ke Taiwan
Tiongkok Kecam Penjualan Senjata AS ke Taiwan
BEIJING - Penjualan senjata Amerika Serikat ke Taiwan membuat Tiongkok geram. Negeri Panda itu merasa telah melakukan hal sia-sia, yakni bertahun-tahun membangun relasi dengan Pentagon. Juru bicara Departemen Pertahanan Tiongkok menyatakan, Washington harus membayar konsekuensi (atas penjualan senjata itu).

Pernyataan itu dikeluarkan setelah pemerintah AS mengumumkan rencana penjualan senjatanya Jumat (3/10) lalu. AS menjual paket persenjataan ke Taiwan, di dalamnya termasuk 20 helikopter tempur Apache dan 330 rudal Patriot.

Penjualan senjata AS ke Taiwan, yang dianggap wilayah pemberontak oleh Tiongkok, mengancam keamanan nasional dan merusak hubungan diplomatik AS-Tiongkok. Media AS melaporkan, Tiongkok telah membatalkan sejumlah pertemuan militer dan diplomatik dengan Washington.

"Tiongkok telah membatalkan beberapa rencana kunjungan pejabatnya ke AS serta beberapa kerja sama militer yang dijadwalkan November," kata Mayor Stewart Upton, juru bicara Departemen Pertahanan AS.

BEIJING - Penjualan senjata Amerika Serikat ke Taiwan membuat Tiongkok geram. Negeri Panda itu merasa telah melakukan hal sia-sia, yakni bertahun-tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News