Myanmar Dari Masa ke Masa

Myanmar Dari Masa ke Masa
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - YANGOON – Sejarah Myanmar penuh dengan jalan berkelok. Konflik berdarah karena perang saudara mewarnai perjalanan Myanmar. Semua bermula ketika Burma merdeka pada 1948 silam.

Saat itu, U Nu yang merupakan rival politik Jenderal Aung San menjadi perdana menteri pertama. Aung San merupakan ayah pejuang Myanmar Aung San Suu Kyi. Pecahan partai yang dipimpin U Nu menang pada pemilu 1960. Tapi, militer berang karena ideologi pemerintahan berdasar Budha. (jos/jpnn)

Berikut linimasa Myanmar:

1948: Burma merdeka. U Nu, rival politik Jenderal Aung San (ayah Suu Kyi), menjadi perdana menteri (PM) pertama.

1960: Pecahan partai yang U Nu pimpin menang gemilang dalam pemilu. Tapi, ideologinya tentang pemerintahan berdasar Buddha membuat militer berang.

1962: Gen Ne Win pimpin kudeta militer terhadap pemerintahan U Nu. Pemerintahan sipil terguling, junta militer berkuasa. Junta menghapus sistem pemerintahan federal dan menerapkan paham sosialisme serta membentuk partai tunggal sebagai wadah politik.

1974: Konstitusi baru berlaku. Kekuasaan berpindah dari militer pada Dewan Rakyat yang dipimpin Ne Win dan para petinggi militer.

1982: Memberlakukan hukum nonpribumi yang membedakan penduduk asli dengan penduduk campuran atau pendatang. Mereka yang bukan pribumi dianggap warga kelas dua yang tidak berhak duduk di pemerintahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News