Myanmar tak Layak Pimpin ASEAN

Jika Kasus Rohingya Tak Beres

Myanmar tak Layak Pimpin ASEAN
Myanmar tak Layak Pimpin ASEAN
JAKARTA - Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq mengatakan bahwa jika Myanmar tak mampu menyelesaikan masalah dan tetap arogan terhadap warga muslim Rohingya di Arkana, maka Myanmar tak layak memimpin ASEAN.

"Jika arogansi dalam pembiaran diskriminasi dan kekerasan terhadap kaum minoritas di Arakan tidak mereka hentikan, Myanmar tidak layak memimpin Asean 2012," ungkap Mahfudz, Rabu (1/8).

Meski begitu, Mahfudz Siddiq menyarankan Myanmar untuk mengambil peluang dengan membuktikan sebagai negara demokratis sejati yang menghormati HAM sebagaimana telah ditunjukan oleh Aun San Suu Kyi. Mahfudz juga meminta kepada pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri  melakukan langkah-langkah tegas dalam bentuk diplomasi.

Komisi I DPR, menurut dia, akan melihat ini sebagai salah satu indikator penting kesuksesan Kemenlu dan pertimbangan efektivitas manfaat penggunaan APBN yang dipercayakan rakyat pada kementerian yang dipimpin Marty Natalegawa itu.

JAKARTA - Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq mengatakan bahwa jika Myanmar tak mampu menyelesaikan masalah dan tetap arogan terhadap warga muslim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News