Nadiem Makarim Memuji Guru: Garda Terdepan Mewujudkan Merdeka Belajar

Nadiem Makarim Memuji Guru: Garda Terdepan Mewujudkan Merdeka Belajar
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim memastikan pihaknya terus memberikan keleluasaan dan kemerdekaan bagi para guru. Menurutnya, guru merupakan garda terdepan dalam mewujudkan Merdeka Belajar. 

“Kami selalu di belakang para guru untuk memberikan dukungan dan motivasi. Saya yakin guru PGRI adalah guru teladan, para guru penggerak yang selalu berada di garda terdepan untuk mewujudkan Merdeka Belajar di sekolah dan lingkungan,” ujar Nadiem Makarim pada acara halalbihalal bersama PB PGRI di Jakarta, Sabtu (21/5).

Menurut Nadiem, 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang merupakan hari kemenangan bagi guru dan pendidikan yang tidak kenal lelah mewujudkan Merdeka Belajar.

“Kami selalu berupaya berdiri bersama para guru untuk menghadirkan terobosan untuk memerdekakan guru dari berbagai keterbatasan dan belenggu. Kami yakin bahwa kemerdekaan adalah kunci utama dari kemajuan, kreativitas dan inovasi,” jelas dia.

Pada Merdeka Belajar episode pertama, Kemendikbudristek menyederhanakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang selama ini cukup menyulitkan para guru menjadi satu halaman saja. 

Selain itu, juga ada pendidikan bagi guru penggerak yang kini telah memasuki angkatan ketujuh dengan peserta sekitar 20 ribu. 

Terobosan terbaru, yakni platform Merdeka Mengajar, yang membantu guru untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan fitur lengkap untuk mengajar dan berkarya.

Terdapat tiga manfaat dari platform itu, yakni menyediakan ribuan referensi mengajar dan fitur untuk asesmen diagnostik literasi dan numerasi murid. 

Mendikbudristek Nadiem Makarim memuji guru. Dia menegaskan guru merupakan garda terdepan mewujudkan merdeka belajar. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News