Nadiem Makarim Minta Guru & Ortu Mengenalkan Karya Insan Musik Indonesia dalam Pembelajaran 

Nadiem Makarim Minta Guru & Ortu Mengenalkan Karya Insan Musik Indonesia dalam Pembelajaran 
Kemendikbudristek turut memperingati Hari Musik Nasional 2023. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) turut memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh setiap 9 Maret. 

Pada momentum tersebut Mendikbudristek Nadiem Makarim mendorong agar ekosistem musik di Indonesia tumbuh makin kuat dan menjadi media pembelajaran yang menarik serta efektif bagi generasi muda.  

Peringatan Hari Musik Nasional tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2013 yang berlangsung setiap tanggal 9 Maret. Tujuan ditetapkannya Hari Musik Nasional untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia dan mendorong tumbuh kembangnya prestasi musisi Indonesia di kancah Internasional. 

Nadiem Makarim mengatakan dalam semangat Merdeka Belajar, musik bisa menjadi salah satu sarana belajar mengajar yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. 

"Pada momentum Hari Musik Nasional ini, saya mengajak para guru dan orang tua agar tidak ragu mengenalkan karya positif yang dihasilkan oleh insan musik tanah air sebagai inspirasi pembelajaran, demi lahirnya peserta didik dengan profil Pelajar Pancasila,” jelas Nadiem di Jakarta, Kamis (9/3).

Nadiem juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung perkembangan musik Indonesia. 

Kemendikbudristek memfasilitasi kebebasan berekspresi para pelaku budaya melalui berbagai inisiatif guna memperkuat tatanan kebudayaan dan mempererat hubungan antarunsur kebudayaan dalam rangka pemajuan kebudayaan.

Pada kesempatan sama Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan sejak 2021, Kemendikbudristek telah menyelenggarakan Festival Musik Tradisi Indonesia yang bertujuan memperkuat ekosistem musik di Indonesia. Tak hanya itu, anak-anak juga menjadi salah satu fokus Kemendikbudritek dalam pengembangan karakter melalui musik. 

Nadiem Makarim minta guru & ortu mengenalkan karya insan musik Indonesia dalam pembelajaran 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News