Naik Pangkat, Pangeran Saudi Mohammed bin Salman Kini Setara dengan Para Pemimpin Dunia

Naik Pangkat, Pangeran Saudi Mohammed bin Salman Kini Setara dengan Para Pemimpin Dunia
Pangeran Muhammed bin Salman merangkul Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: CPC Arab Saudi

jpnn.com, RIYADH - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman telah ditunjuk sebagai perdana menteri sebuah jabatan yang secara tradisional dipegang oleh raja.

Putra Raja Salman bin Abdulaziz yang berusia 37 tahun, 86 tahun, selama ini sudah dipandang sebagai penguasa de facto negara Teluk yang kaya minyak itu.

Sebuah dekrit kerajaan yang mengumumkan kenaikan pangkatnya dari wakil PM dan menteri pertahanan mengutip pengecualian terhadap Undang-Undang Dasar.

Seorang pejabat mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa langkah itu sejalan dengan delegasi tugas raja sebelumnya kepadanya.

"Putra mahkota sudah mengawasi badan eksekutif utama negara setiap hari, dan peran barunya sebagai perdana menteri ada dalam konteks itu," kata pejabat itu.

Ali Shihabi, seorang analis Saudi yang dekat dengan istana kerajaan, mencuit bahwa promosi Mohammed bin Salman memformalkan peran sebenarnya dan menghilangkan ketimpangan derajat dengan kepala pemerintahan negara lain.

"Dia sekarang menempati peringkat sebagai kepala pemerintahan de jure, bukan hanya secara de facto."

Raja, yang telah dirawat di rumah sakit dua kali tahun ini, akan terus memimpin rapat kabinet yang dia hadiri.

Meski masih berstatus putera mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman kini sudah setara dengan para presiden dan pemimpin dunia lainnya

Sumber BBC

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News