JPNN.com

Nama-Nama Kandidat Dewas KPK Sudah di Tangan Jokowi

Jumat, 08 November 2019 – 17:32 WIB Nama-Nama Kandidat Dewas KPK Sudah di Tangan Jokowi - JPNN.com
Ilustrasi KPK. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memiliki daftar nama para kandidat anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK).

Sebagai koordinator tim yang ditunjuk oleh presiden, untuk menerima berbagai masukan terkait calon anggota Dewas KPK, Pratikno mengaku diberikan instruksi yang jelas oleh Jokowi.

"Presiden ada tim internal dan sudah ada long list nama-nama tersebut. Perintah presiden jelas, cari orang kredibel yang bisa mendukung optimalisasi KPK," ucap Pratikno di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/11).

Dia menyebutkan, sesuai ketentuan UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, pengangkatan Dewas KPK dilakukan bersamaan dengan komisioner terpilih.

"Proses pengangkatannya bersamaan dengan pimpinan. Itu perintah UU. Artinya masih pada minggu ketiga bulan Desember, masih lama," jelasnya.

Saat ditanya nama-nama calon yang sudah masuk ke Istana, Pratikno belum mau memerinci. Dia menyebutkan pada saatnya para kandidat itu akan diperkenalkan kepada masyarakat.

"Ya, mungkin ada pengenalan publik (nanti)," tandas mantan rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) itu. (fat/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...