Nama-nama yang Disebut Jokowi Dinilai tak Begitu Berpengaruh

Nama-nama yang Disebut Jokowi Dinilai tak Begitu Berpengaruh
Ilustrasi KPK. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi pada Rabu (18/12) sudah menyebutkan beberapa nama kandidat anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi alias Dewas KPK.

Presiden Joko Widodo pada Rabu (18/12) menyebutkan sejumlah nama yang diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas KPK, mulai dari Ketua KPK jilid 1 Taufiqurachman Ruki, hakim Albertina Ho, hingga mantan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkostar.

Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada (UGM) menilai nama-nama yang disebutkan oleh Presiden Jokowi itu tidak akan terlalu banyak membantu terhadap penguatan KPK.

"Nama-nama itu ya tidak terlalu relevan, tidak terlalu banyak membantu, karena memang konsep Dewan Pengawas itu sendiri yang bermasalah," ujar ketua Pukat UGM Oce Madril saat dihubungi, Kamis (18/12).

Menurut Oce, nama-nama tersebut memang bisa saja dikatakan memiliki rekam jejak yang baik, termasuk dalam komitmen pemberantasan rasuah.

Namun ditegaskan lagi bahwa nama-nama tersebut tidak terlalu berpengaruh sebab yang menjadi masalah utama justru keberadaan Dewan Pengawas itu sendiri.

"Sebenarnya rekam jejak nama-nama kandidat itu tidak terlalu banyak membantu karena memang konsep Dewan Pengawas itu yang bermasalah, pengaturannya bermasalah, kedudukan lembaga bermasalah, fungsi dan tugasnya bermasalah," kata dia.

Oce mengatakan fungsi dan tugas Dewan Pengawas yang salah satunya turut terlibat dalam tindakan penyadapan yang dilakukan penyidik dinilai tidak sesuai dengan fungsi kerja KPK sebagai lembaga penegak hukum.

Pusat Kajian Anti Korupsi atau Pukat UGM menanggapi nama-nama kandidat anggota Dewas KPK yang disebutkan Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News