JPNN.com

Nanti Usai Salat Jumat di Masjid, Langsung Pulang ya

Jumat, 20 Maret 2020 – 07:47 WIB Nanti Usai Salat Jumat di Masjid, Langsung Pulang ya - JPNN.com
Usai Salat Jumat diimbau langsung pulang guna mencegah penyebaran virus corona, COVID-19. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MANOKWARI - Umat Muslim di Provinsi Papua Barat yang hendak menunaikan Salat Jumat, diimbau membawa sajadah dari rumah masing-masing guna mengantisipasi penyebaran virus corona, COVID-19.

Ketua MUI Provinsi Papua Barat, Ahmad Nusrau di Manokwari, dihubungi Jumat (20/3), mengutarakan, MUI Pusat sudah mengeluarkan imbauan agar seluruh umat Muslim waspada. Di daerah-daerah terjangkit kewaspadaan harus lebih tinggi.

"Dibanding daerah lain, kami di Papua Barat masih lebih baik, karena belum ditemukan pasien yang terkonfirmasi positif terjangkit corona virus. Meskipun demikian harus tetap waspada," ucap Nusrau.

Ia juga mengimbau, para khatib Jumat, tidak memperpanjang khotbah. Paling lama 15 menit khotbah harus diakhiri dan setelah salat jemaah agar segera pulang ke rumah masing-masing.

"Umat Muslim di hampir seluruh daerah di Indonesia, biasanya kita selalu bersalaman setelah salat. Untuk sementara tidak usah dulu," kata dia lagi.

Ia juga berharap, warga yang sedang mengidap flu dan batuk mengenakan masker saat ke masjid. Ini sebagai ikhtiar untuk mengantisipasi penyebaran virus.

Selain itu, kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan massa berskala besar, seperti tablig akbar agar dihentikan untuk sementara demi menekan potensi penyebaran COVID-19..

Nusrau juga menekankan, setiap masjid melakukan pembersihan secara rutin dan menyemprot dengan cairan disinfektan pada setiap fasilitas atau sarana yang berpotensi menjadi media penularan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...