Napi Teroris Siap Bela Negara

Napi Teroris Siap Bela Negara
Upacara Peringatan Hari Bela Negara di Lapas Permisan Pulau Nusakambangan. Foto: ANTARA/HO-Lapas Nusakambangan

jpnn.com, CILACAP - Napi kasus terorisme yang menghuni sejumlah lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menyatakan kesiapannya untuk membela negara.

Kesiapan tersebut disampaikan saat membacakan Ikrar Bela Negara usai Upacara Peringatan Hari Bela Negara di Lapas Permisan, Pulau Nusakambangan, Kamis (19/12).

Salah satu poin Ikrar Bela Negara yang dibacakan napi kasus terorisme berkaitan dengan kesetiaan kepada Pancasila sebagai ideologi negara.

Koordinator Lapas se-Nusakambangan dan Cilacap yang juga Kepala Lapas Kelas I Batu Nusakambangan Erwedi Supriyatno mengatakan, pembacaan Ikrar Bela Negara tersebut dalam rangka memperingati Hari Bela Negara.

"Jadi, warga binaan (napi, red) yang (terlibat kasus terorisme) kami ajak untuk membacakan Ikrar Bela Negara. Yang ikut upacara di Lapas Permisan ada 38 napi kasus terorisme dari Lapas Permisan maupun Lapas Kembangkuning dan sejumlah napi kasus pidana umum," tuturnya.

Menurut dia, napi kasus terorisme yang mengikuti Upacara Hari Bela Negara itu merupakan warga binaan yang tingkat risikonya sudah lebih baik dan menempati lapas dengan pengamanan medium (medium security) karena telah menyatakan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Tadi, ada lima orang (perwakilan napi kasus terorisme) yang maju untuk membacakan Ikrar Bela Negara. Setelah upacara, ada penandatanganan secara massal Ikrar Bela Negara, diikuti napi kasus terorisme maupun pidana umum," ucapnya menjelaskan.

Lebih lanjut, Erwedi mengatakan jumlah napi kasus terorisme di seluruh lapas se-Nusakambangan hampir mencapai 200 orang yang tersebar di Lapas Karanganyar, Lapas Pasir Putih, dan Lapas Batu yang merupakan lapas super maximum security, Lapas Besi dan Lapas Narkotika yang merupakan lapas maximum security, serta Lapas Permisan dan Lapas Kembang Kuning yang merupakan medium security.

Puluhan napi terorisme yang menghuni Lapas Nusakambangan menyatakan kesiapannya untuk membela negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News