NASA Merencanakan Penerbangan Helikopter Pertama di Mars

NASA Merencanakan Penerbangan Helikopter Pertama di Mars
Helicopter Ingenuity NASA. Foto: BBC/dok NASA

jpnn.com, JAKARTA - Helikopter Ingenuity milik Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) akan melakukan penerbangan bersejarah di Mars hari ini.

Jika berhasil maka helikopter ini akan membuat sejarah sebagai pesawat bertenaga pertama yang lepas landas dari planet selain Bumi.

"Wright bersaudara melakukan penerbangan pertama di bumi. Ingenuity siap untuk jadi penerbangan pertama untuk Mars," kata pimpinan proyek Ingenuity MiMi Aung, dilansir dari ABC News pada Senin (19/4).

Helikopter itu seharusnya melakukan penerbangan perdananya minggu lalu tetapi ditunda setelah ada kesalahan perangkat lunak pada menit-menit terakhir.

Setelah pengujian lebih lanjut selama akhir pekan, Aung mengatakan NASA optimistis helikopter Ingenuity akan lepas landas sore ini.

"Kami melakukan segala yang kami bisa untuk membuatnya sukses," lanjut Aung.

Rencananya, Ingenuity akan naik tiga meter di atas landasan peluncurannya, kemudian melayang selama sekitar 30 detik, dan kembali ke permukaan Mars. Keseluruhan proses ini akan berlangsung selama 40 detik.

"Kami ingin penerbangan pertama menjadi penerbangan yang aman," ujar Aung. (mcr9/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Helikopter Ingenuity milik Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) siap melakukan penerbangan bersejarah di Mars hari ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News