NasDem Berani Usung Anies Sebagai Capres, Langkah Tepat?

NasDem Berani Usung Anies Sebagai Capres, Langkah Tepat?
Anies Baswedan Capres 2024 dari NasDem. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago menilai Partai Nasional Demokrat (NasDem) mengambil keputusan yang sangat berani, selalu terdepan dalam mengambil momentum politik.

Dia menyebutkan Partai NasDem dan Surya Paloh tentu saja sudah menghitung secara matematika politik, mengkaji secara terukur, pertimbangan matang sadap sehingga memutuskan mengusung Anies Baswedan sebagai capres.

Namun, apakah keputusan politik itu sudah tepat?.

"Dalam konteks basis akar rumput, ada yang punya pandangan bahwa ketika NasDem mengusung Anies maka basis grassroot akan melemah dan berpotensi ditinggal pemilihnya sendiri karena terjadinya split ticket voting," ujar Pangi dalam keterangannya, Kamis (6/10).

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu menjelaskan perilaku pemilih NasDem itu setidaknya bisa dilihat dari beberapa hasil survei terhadap pilihan kandidat bakal calon presiden NasDem hasil rakernas, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa. 

Pangi menyebutkan hasil survei yang dilakukannya pada Juli lalu menunjukkan untuk Indonesia Timur seperti Papua, NTT, Manado yang menjadi basis NasDem lebih signifikan memilih Ganjar sebesar 78,8 persen, Anies sebesar 36,7 persen.

Sebaliknya, Anies Baswedan justru unggul di DKI Jakata 81,3 persen, Jawa Barat, dan Banten.

"Ada potensi Nasdem melakukan penetrasi melebarkan wilayah basis pemilihnya, betulkah pemilih partai akan migrasi memilih NasDem apabila nantinya terbukti pengaruh Anies effect menguat?" ungkap dia.

Apakah sudah tepat keputusan berani NasDem mengusung Anies Baswedan sebagai capres? Begini analisa pengamat politik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News