NasDem Desak Mendagri Segera Lantik Bupati dan Wabup Talaud

NasDem Desak Mendagri Segera Lantik Bupati dan Wabup Talaud
Wakil Bupati Talaud terpilih, Moktar A Parapaga. Foto: manadopos

jpnn.com, SULAWESI UTARA - Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad M Ali turut mendesak Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melalui Gubernur Sulawesi Utara, supaya segera melantik Bupati dan Wakil Bupati Talaud, yakni Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga.

"Mendagri Tito Karnavian harus segera meminta Gubernur Sulut melantik pasangan bupati dan wakil bupati Talaud yang sudah terpilih melalui mekanisme yang sah pada Pilkada 2018 lalu," kata Ali dalam pesan singkatnya, Kamis (9/1).

Pasalnya, pasangan Elly dengan Moktar tidak kunjung dilantik hingga setahun lebih. Akibat terkatung-katungnya pelantikan, Ali khawatir munculnya konflik horizontal di masyarakat.

Potensi terjadi konflik horizontal, ucap dia, mulai terasa ketika adanya aksi unjuk rasa ratusan warga Talaud yang berakhir bentrok di Kantor Bupati Talaud, Kamis siang.

Di mana dalam aksi itu, warga meminta Elly dengan Moktar dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Talaud.

"Ini yang harus dicegah. Sikap tegas Mendagri jelas sangat dinantikan khususnya oleh masyarakat Talaud," lanjut Ali.

Menurutnya, aksi unjuk rasa warga itu tidak perlu terjadi andai pemerintah pusat menunjukkan sikap tegas dengan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Talaud.

Terlebih, lanjut dia, Kemendagri telah menerbitkan SK Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Wabup Talaud Nomor 131.71-2750 dan Nomor 132.71-2751 tertanggal 1 Juli 2019.

Pasalnya, Bupati dan Wakil Bupati Talaud, yakni Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga belum juga dilantik sampai saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News