JPNN.com

Nasdem: Polusi Jakarta Bukan Hanya Urusan Anies Baswedan

Jumat, 02 Agustus 2019 – 14:00 WIB Nasdem: Polusi Jakarta Bukan Hanya Urusan Anies Baswedan - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus Partai NasDem Okky Asokawati memuji langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Meski terlambat, upaya ini harus dilakukan secara konsisten dan konsekuen.

Okky yang mantan peragawati itu menyambut positif materi yang tertuang dalam Instruksi Gubernur tersebut. Hanya saja, dia mengingatkan agar Ingub DKI itu dijalankan secara konsekuen.

"Dibutuhkan komitmen kuat dari seluruh stakeholder, mulai dari pemerintah, masyarakat serta seluruh komponen lainnya untuk melaksanakan Instruksi Gubernur itu," ujar Okky di Jakarta, Jumat (2/8).

Okky menyebutkan langkah serupa semestinya juga muncul dari kota dan provinsi penyangga Ibu kota seperti Banten dan Jawa Barat. Menurut dia, kontribusi warga daerah penyanggah ibukota tidak kecil dalam menekan polusi di Jakarta.

BACA JUGA: Ayushita Komentari Polusi Udara di Jakarta, Begini Katanya

"Langkah Gubernur Anies semestinya diikuti oleh Gubernur Banten Wahidi Halim serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ini membutuhkan kerja kolaboratif," tegasnya.

Selain itu, kota-kota penyangga Ibu kota Jakarta seharusnya juga menyediakan transportasi publik yang nyaman, aman dan murah. Hal tersebut membutuhkan komitmen dari kepala daerah yang wilayahnya berbatasan langsung dengan ibu kota.

"Beberapa kota sudah menyediakan transportasi pengumpan. Tetapi semestinya lebih dimasifkan agar masyarakat mengurangi penggunaan kendaraan pribadinya dalam mobilitas sehari-hari," jelas mantan politikus PPP itu.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...