PDI Perjuangan Tak Mau Mengikuti Cara NasDem

PDI Perjuangan Tak Mau Mengikuti Cara NasDem
Empat politikus PDIP (dari kiri) Djarot Saiful Hidayat, Hasto Kristiyanto, Andreas Hugo Pareira dan Eriko Sotarduga. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan tidak mau mengikuti langkah Partai NasDem yang konon sudah menawarkan sejumlah calon menteri kepada Presiden Joko Widodo.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, biarlah presiden yang menentukan siapa pembantunya tanpa ada intervensi dari partai politik.

"Bagi kami menyusun kabinet harus dengan kontemplasi, dilengkapi dengan data, profil setiap calon yang ada dan presiden punya opsi-opsi itulah yang harus dibahas. Seharusnya tidak ada tekan menekan di dalam penyusunan hal itu," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

BACA JUGA: PDIP Setuju Kursi Jaksa Agung Diisi Nonpartisan

Hasto menyadari partai politik sebenarnya punya peran memobilisasi rakyat dalam memenangkan Jokowi - Ma'ruf Amin. Namun, peran tersebut bukan berarti meniadakan hak prerogatif presiden dalam memilih pembantunya.

"Presiden tetap berdaulat dan itu juga ditunjukkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri saat itu. Beliau menyusun kabinet dengan diam, dengan sunyi, tetapi bisa menghasilkan sosok-sosok berkaliber nasional dan internasional sehingga kabinet disebut the dream team kabinet yang mampu menyelesaikan krisis dimensi saat itu," ujar Hasto. (tan/jpnn)


Buat PDI Perjuangan, menyusun kabinet harus dengan kontemplasi, dilengkapi dengan data setiap calon sehingga presiden punya opsi.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News