Nasdem Puji Malaysia Karena Mengakui Kehebatan Indonesia

Nasdem Puji Malaysia Karena Mengakui Kehebatan Indonesia
NasDem. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai NasDem Bidang Luar Negeri Martin Manurung mengapresiasi Perdana Menteri Malaysia Najib Abdul Razak yang secara terbuka mengakui kinerja Pemerintah Indonesia dalam mengatasi persoalan kebakaran hutan.

“Semoga dengan teratasinya persoalan asap tersebut semakin mempererat hubungan ke dua negara dan bangsa serumpun ke depan dalam menghadapi tantangan-tantangan global secara bersama," kata Martin dalam keterangan tertulis diterima, Jumat (23/11).

Pernyataan PM Malaysia tersebut disampaikan saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Negeri Jiran itu. Najib dengan terus terang mengatakan terima kasihnya kepada Jokowi karena selama dua tahun terakhir Malaysia sudah tidak lagi terdampak asap kebakaran hutan dan ladang.

Menurut Martin, keberhasilan mengurangi kebakaran lahan itu tentu tak lepas dari kinerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di bawah komando Siti Nurbaya. Martin juga mengapresiasi Siti yang mampu mengatasi persoalan asap dari tahun ke tahun di Indonesia.

"Kerja keras Ibu Menteri dan jajarannya kini telah membuahkan hasil dan bahkan mengharumkan nama bangsa di mata negara-negara tetangga,” tambah Martin.

Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana, jumlah hot spot dari pantauan satelit NOAA menurun 32,6 persen selama 2017 dibandingkan 2016. Pada 2016 jumlah titik api sebanyak 3.563, sedangkan selama 2017 ada 2.400 titik.

Sedangkan satelit Terra-Aqua menunjukkan, kebakaran hutan dan lahan terjadi penurunan 46,9 persen. Selama 2016 terdapat 3.628 hot spot, sedangkan 2017 menurun hingga 1.927 titik untuk tingkat kepercayaan di atas 80 persen.(tan/jpnn)

Keberhasilan mengurangi kebakaran lahan itu tentu tak lepas dari kinerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di bawah komando Siti Nurbaya


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News