JPNN.com

Nasihati Mayjen Dudung, Ustaz Fahmi Salim Kutip Al Imran 159

Kamis, 26 November 2020 – 23:50 WIB
Nasihati Mayjen Dudung, Ustaz Fahmi Salim Kutip Al Imran 159 - JPNN.com
Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustaz Fahmi Salim (UFS) kembali mengingatkan kepada semua pihak untuk fokus menghadapi pandemi dan masalah negeri.

Menurut salah satu pengurus PP Muhammadiyah ini, ada kerinduan umat Islam dengan hadirnya suasana keagamaan yang damai di tengah pandemi ini.

Hal itu merespons riak-riak yang sempat menjadi perhatian publik belakangan ini terkait kedatangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS).

Ustaz Fahmi meminta tidak perlu berlebihan merespons masalah tersebut.

Pendiri Al-Fahmu Institute ini menyitir Surah Al Imran ayat 159 yang dinilainya sangat relevan untuk menyikapi situasi saat ini.

Terjemahan ayat tersebut adalah: “Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal"

Dalam ayat ini, ada prinsip yang menjadi pegangan bagi para pendakwah, pemangku kepentingan dalam pemerintahan hingga aparat keamanan dan penegak hukum. 

“Prinsip dakwah dan mengayomi masyarakat sangat jelas di situ, yaitu lemah lembut, saling memaafkan, memohonkan ampunan ilahi dan bermusyawarah (dialog) dalam mengelola perbedaan pandangan dan menyelesaikan potensi konflik,” kata UFS di Jakarta, Kamis (26/11).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil