Nasir Jamil Jagokan Marwan

Gantikan Hendarman Jadi Jaksa Agung

Nasir Jamil Jagokan Marwan
Nasir Jamil Jagokan Marwan
JAKARTA - Bursa calon Jaksa Agung pengganti Hendarman Supandji semakin seru. Kandidat baru dari luar institusi Kejaksaan seperti Todung Mulya Lubis dan Benny K Harman, disebut-sebut bakal masuk bursa selain calon dari internal Kejagung, seperti Jampidsus Marwan Effendi. Anggota Komisi III DPR Nasir Jamil mengatakan saat ini sulit mencari calon jaksa agung yang tidak memiliki masalah sedikitpun. Namun, beberapa nama yang mencuat ke permukaan sebagai calon pengganti Hendarman Supandji memiliki kelebihan dan kekurangan.

“Jampidus Marwan Effendi memiliki peluang cukup tinggi dari kalangan internal kejaksaan. Saya tak punya hubungan apapun dengan Pak Marwan. Tapi, dari pengalaman selama rapat kerja di DPR, dan juga masukan dari banyak orang yang bisa dipercaya, dia relatif bisa diharapkan," ujar Nasir Jamil. Advokat Senior Todung Mulya Lubis, katanya, bisa masuk dalam pertimbangan menjadi jaksa agung. Hanya saja, dia memiliki catatan kurang menguntungkan karena pernah membela pengusaha hitam.

Selain itu, nama Ketua Komisi III DPR Benny Kabur Harman masuk dalam bursa calon. Nasir berpendapat dari sisi catatan masa lalu, Benny tak punya masalah, tetapi menjadi jaksa agung juga butuh kemampuan manajerial."Jangan sampai subjektif melihatnya, tetapi harus obyektif. Kemampuan kerja, manajerial, jaringan dan sistem kerja itu penting. Itu semua mesti diuji melalui pengalaman. Di situlah Marwan, bagi saya unggul. Atau mungkin juga ada nama Wakil Jaksa Agung Darmono dari internal kejaksaan," tambah politisi PKS itu.

ICW menyebut tidak secara khusus mencalonkan nama tapi meminta dibuka bursa seluas-luasnya bagi yang karir juga yang non karir. Meskipun  tidak dalam rangka mengkampanyekan tapi ada beberapa nama yang dianggap layak, bisa direkomendasikan menjadi jaksa agung, seperti Todung Mulya lubis, Bambang Wijayanto dan  Busyro Muqoddas.

JAKARTA - Bursa calon Jaksa Agung pengganti Hendarman Supandji semakin seru. Kandidat baru dari luar institusi Kejaksaan seperti Todung Mulya Lubis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News