Minggu, 19 November 2017 – 08:14 WIB

Nazaruddin Tertangkap, Nunun Nurbaeti Tetap Dicari

Rabu, 10 Agustus 2011 – 19:09 WIB
Nazaruddin Tertangkap, Nunun Nurbaeti Tetap Dicari - JPNN.COM

Foto Nunun Nurbaeti yang berstatus buron di laman Interpol.

JAKARTA — Melalui koordinasi singkat dengan Interpol, Mabes Polri memastikan bahwa Nazarudin berhasil terdeteksi dan tertangkap di Cartagena, Kolombia Minggu (7/8) dini hari lalu. Namun ternyata sigapnya koordinasi Polri dengan Interpol dalam kasus Nazaruddin, tidak sama dengan kasus Nunun Nurbaeti yang juga jadi buronan.

Pasalnya, Nunun yang sudah ditetapkan sebagai tersnagka suap oleh KPK dan kini menjadi buronan Interpol itu tak kunjung tertangkap. Bahkan Nunun jauh-jauh hari sudah menyandang status buronan Interpol ketimbang NAzaruddin.

Apakah ini karena Nunun merupakan istri mantan Wakapolri Adang Daradjatun? Mabes Polri menegaskan bahwa tidak ada pembedaan penanganan antara kasus Nunun dengan Nazaruddin.

"Sama-sama dicari, tidak ada bedanya. Tapi (Nunun) belum ketemu," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen (pol) Anton Bachrul Alam di Mabes Polri Jakarta, Rabu (10/8).

Menurutnya, Mabes Polri tak hanya mengejar Nunun. Sebab, Polri juga telah mengirim tim untuk memburu para tersangka korupsi lainnya yang kini bersembunyi di sejumlah negara lain.

Melalui koordinasi dengan Interpol, kata Anton, pencarian itu terus dilakukan. "Sudah ada (tim pemburu). Sudah berangkat,’’ tambahnya.

Sebelumnya, pada Juni lalu KPK telah meminta permohonan Interpol Red Notice ke Mabes Polri. Permohonan KPK itu kemudian diteruskan ke Interpol, agar memburu Nunun yang kini diyakini bersembunyi di luar negeri.

Seperti diketahui, KPK telah menetapkan Nunun sebagai tersangka suap sejak Febuari lalu. Mantan anggota Komisi Penyelidik Kekayaan Pejabat/Penyelenggara Negara (KPKPN) itu disebut sebagai penyuap pada pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia yang dimenangi Miranda S Goeltom.

Namun penyidik KPK tidak bisa memeriksa Nunun karena sudah jauh-jauh hari berada di luar negeri dengan alasan berobat. Nunun dikabarkan tinggal di Singapura dan disebut kerap berpindah-pindah ke beberapa negara di Asia Tenggara.(zul/jpnn)
SHARES
loading...
loading...
Komentar