Negara Ini Mulai Menerapkan SIM Digital Secara Serentak Awal September 2021

Negara Ini Mulai Menerapkan SIM Digital Secara Serentak Awal September 2021
ilustrasi. Sejumlah pemohon saat membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). Foto: ANTARA/Laily Rahmawaty/am

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah China melalui Kementerian Keamanan Publik mulai memberlakukan Surat Izin Mengemudi (SIM) dalam bentuk digital kepada semua masyarakatnya mulai 1 September 2021 mendatang.

Sebelumnya, Negara Tirai Bambu itu sudah melakukan penerapan SIM digital, tetapi masih terbatas, hanya di beberapa kota saja.

Namun mulai awal depan mereka akan mengintegrasikan SIM digital setidaknya di 28 kota lainnya.

Adapun kota yang menerapkan SIM digital itu mulai dari Beijing, Tianjin, Shijiazhuang, Changchun, Daqing, Shanghai, Wuxi, Suzhou, Yancheng, Taizhou, Ningbo, Jiaxing, Nanchang, Jinan, Qingdao, Changsha, Guangzhou, Shenzhen, Nanning, Chongqing, Chengdu, Mianyang, Zigong, Nanchong, Guiyang, Xi'an, Yinchuan, dan Kunming.

Namun untuk kota seperti Tianjin, Suzhou, dan Chengdu sudah memulai lebih dulu menerapkan sistem itu terhitung 1 Juni 2021.

Seperti dikutip Autonews.gasgoo, Senin (23/8), langkah penerapan sistem tersebut merupakan layanan untuk memberikan keamanan kepada masyarakat yang mengendarai kendaraan.

Penertibannya sendiri pengemdui kendaraan menggunakan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh kementerian setempat.

Nantinya, SIM digital itu berguna bagi petugas untuk melakukan beberapa penindakan seperti pelanggaran lalu lintas, kecelakaan di jalan, penyewaan mobil, dan mengajukan klaim asuransi.

Pemerintah melalui Kementerian Keamanan Publik mulai memberlakukan Surat Izin Mengemudi (SIM) dalam bentuk digital mulai awal bulan depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News