JPNN.com

Negara Mana yang Memproduksi Vaksin Covid-19? Ini Kata Ridwan Kamil

Selasa, 28 Juli 2020 – 22:02 WIB
Negara Mana yang Memproduksi Vaksin Covid-19? Ini Kata Ridwan Kamil - JPNN.com
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto: Rizal/Humas Jabar

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan vaksin Covid-19 yang kini tengah diuji di Biofarma Bandung didatangkan dari tiga negara.

“Vaksin itu sudah ada alhamdulillah, itu menurut Pak Menko Perekonomian Pak Airlangga. Indonesia itu akan mendatangkan vaksin dari tiga negara, satu dari Tiongkok, Korea Selatan dan dari Inggris,” kata Ridwan Kamil di Mapolda Jabar, Selasa (28/7).

Emil -panggilan Ridwan Kamil- menegaskan tidak benar jika vaksin yang bakal diproduksi hanya dari Tiongkok. “Ini tolong digarisbawahi,” tegasnya.

“Untuk vaksin itu dipakai harus dites tiga kali, dua di negaranya dan satu di negara konsumennya. Nah, Tiongkok ini sudah melakukan dua kali tes di negaranya maka di negara konsumennya kita dilakukan tes ketiga, yang Korea dan Inggris belum melakukan tes kedua di negaranya maka barangnya belum datang ke Indonesia karena tes yang keduanya saja belum,” paparnya.

Untuk tes ketiga di negara konsumen, ungkap Emil, pemerintah membutuhkan 1.600-an relawan.

“Ini sebagian dari kami juga yang memenuhi syarat itu bisa mendaftarkan diri. Namanya vaksin bukan percobaan aneh-aneh, ini hanya disuntik biasa terus dilihat imunitasnya meninggi atau menguat terhadap virus,” pungkasnya. (arf/pojoksatu)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
rama