Negara-Negara Besar Ikut Campur Urusan Venezuela, Bagaimana Sikap Indonesia?

Negara-Negara Besar Ikut Campur Urusan Venezuela, Bagaimana Sikap Indonesia?
Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido. Foto: Al Jazeera

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah negara memutuskan ikut campur dalam urusan dualisme kepemimpinan Venezuela. Termasuk di antaranya Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok hingga Turki. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? 

BACA JUGA: Inggris dan Turki Ikut Campur, Venezuela Kian Kacau

Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri RI memberikan pernyataan atas situasi yang terjadi di Venezuela. Menurut pernyataan tertulis yang diterima awak media pada Sabtu (26/1) Indonesia mengikuti dari dekat dan prihatin dengan perkembangan situasi di Venezuela.

"Kami menyerukan semua pihak untuk menahan diri dan tidak mengambil tindakan yang dapat memperburuk situasi," kutip keterangan tertulisnya pada keterangan tertulis tersebut.

Keterangan itu juga menambahkan, dengan tetap menghormati kedaulatan dan tanpa bermaksud untuk mencampuri urusan dalam negeri Venezuela, penting agar suara rakyat Venezuela untuk didengarkan.

"Oleh karena itu perlu segera dilakukan proses politik yang demokratis, transparan dan kredible," lanjut keterangan Kemenlu RI. (dil/jpnn)


Sejumlah negara turut bermain di tengah kekacauan politik akibat dualisme kepemimpinan di Venezuela. Bagaimana sikap Indonesia?


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News