Negara-negara OKI Puji Keberhasilan Indonesia Menanggulangi Kemiskinan

Negara-negara OKI Puji Keberhasilan Indonesia Menanggulangi Kemiskinan
Kabiro Perencanaan Kemensos Adhy Karyono selaku Focal Point Indonesia untuk Pertemuan ke-15 COMCE-PAWG pada 29 September. Foto: Humas Kemensos RI.

jpnn.com, JAKARTA - Negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI/OIC) memuji keberhasilan Indonesia dalam menanggulangi
kemiskinan. Pujian tersebut termuat dalam salah satu butir laporan penelitian berjudul Urban Poverty in Islamic Countries.

Laporan itu disampaikan dalam Rapat Badan Koordinasi Komite Tetap Kerja Sama Ekonomi dan Komersial OKI (COMCEC) ke-15 dan Kelompok Kerja Penanggulangan Kemiskinan (Poverty Alleviation Working Group/PAWG) yang berlangsung secara daring pada 29 September dengan tema Urban Poverty in the OIC Member Countries.

Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan bahwa delegasi RI mendukung rekomendasi laporan hasil riset tim peneliti COMCEC tentang urban poverty di negara-negara Islam.

“Beberapa isu kebijakan dan rekomendasi terkait pembangunan di daerah slum urban relevan dengan kondisi di Indonesia,” kata Mensos Juliari di Jakarta (1/10).

Kesesuaian hasil penelitian yang dimaksud Mensos Juliari terutama rekomendasi mengenai formulasi penanganan masalah kemiskinan di wilayah urban, mendorong pemerintah daerah memperkuat koordinasi dalam membuat kebijakan dan regulasi yang dibutuhkan.

“Juga dalam penciptaan lapangan kerja serta pentingnya melakukan pendataan dan pengukuran kondisi sosial ekonomi rumah tangga miskin yang tinggal di wilayah urban,” jelas Jualiari.

Secara umum, delegasi Indonesia menyampaikan strategi penanggulangan kemiskinan dengan berbagai instrumen, termasuk salah satunya lewat skema bantuan tunai bersyarat sebagaimana terus didorong Kemensos di bawah kepemimpinan Juliari P Batubara.

Delegasi Indonesia diwakili oleh Kepala Biro Perencanaan Kemensos RI Adhy Karyono, selaku Focal Point Indonesia untuk COMCEC PAWG dan perwakilan Ditjen Penanganan Fakir Miskin.

Penelitian berjudul Urban Poverty in Islamic Countries memuat pujian untuk RI dalam menanggulangi kemiskinan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News