Nelayan Asal Kendari Hilang Saat Melaut di Perairan Morowali, Basarnas Terus Melakukan Pencarian 

Nelayan Asal Kendari Hilang Saat Melaut di Perairan Morowali, Basarnas Terus Melakukan Pencarian 
Basarnas saat mencari seroang nelayan hilang saat melaut di perairan Morowali Sulawesi Tengah, Minggu (28/5/2023) (ANTARA/HO-Humas Basarnas Kendari)

jpnn.com - KENDARI - Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari bersama Tim SAR Gabungan melakukan pencarian terhadap seorang nelayan asal Kendari bernama Harianto (43) yang hilang saat melaut di perairan Pulau Menui, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Basarnas Kendari Hidayat menyebutkan pencarian korban melibatkan tim penyelamat dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari dibantu nelayan sekitar dan keluarga Harianto.

"Operasi pencarian korban sudah memasuki hari ketiga, korban merupakan ABK Kapal KM Riska Hidayah 03. Korban berasal dari Kota Kendari yang melaut di perairan Menui, Morowali," kata Hidayat dalam keterangan di Kendari, Minggu (28/5).

Dia menyebut pada hari ketiga operasi pencarian terhadap korban, Tim SAR melakukan penyisiran ke arah barat laut dari perkiraan lokasi Harianto dilaporkan hilang, seluas 10 mil laut.

Hidayat menjelaskan bahwa pihaknya menerima informasi hilangnya korban sejak 26 Mei 2023 dari salah satu personel Brimob Polda Sultra bernama Novri yang juga merupakan keluarga Harianto.

"Anggota Brimob Polda Sultra ini melaporkan telah terjadi kecelakaan kapal yakni satu orang ABK Kapal KM Riska Hidayah 03 diduga terjatuh dari kapal di sekitar perairan Pulau Menui Morowali," tutur dia.

Hidayat menuturkan bahwa pada Jumat (26/5) sekitar pukul 02.00 WITA, KM Riska Hidayah 03 yang merupakan kapal penangkapan ikan tiba di Kendari setelah melakukan pelayaran dari mencari ikan di sekitar perairan Pulau Menui. Setibanya di Kendari pihak kapal menyadari salah satu ABK-nya hilang. "Menurut keterangan teman ABK-nya yang lain, korban terakhir terlihat pada hari Kamis 24 Mei 2023 sekitar pukul 13.00 WITA," pungkas Hidayat. (antara/jpnn)

Nelayan asal Kendari bernama Harianto hilang saat melaut di perairan Pulau Menui, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Basarnas bergerak melakukan pencarian.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News