Nelayan Kembalikan Kapal Bantuan

Nelayan Kembalikan Kapal Bantuan
Nelayan Kembalikan Kapal Bantuan
MARISA--Kapal bantuan yang diserahkan kepada kelompok nelayan  di Kabupaten Pohuwato, dikembalikan lagi kepada pihak provinsi. Alasan pengembalian ini karena tingginya biaya operasional terhadap kapal dengan kapasitas 30 Gross Ton (GT) itu. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pohuwato, Mahyudin Ahmad, S.Ip mengemukakan, ada satu unit kapal tangkap yang telah dikembalikan lagi kepada pihak pemerintah provinsi dengan kapasitas 30 GT. "Karena biaya operasional untuk kapal tersebut cukuplah tinggi, sehingga masyarakat atau pun kelompok tersebut mengembalikannya. Meski demikian, kapal tersebut sudah dipergunakan untuk beberapa bulan oleh kelompok nelayan. Namun jika sudah ada yang bisa mengelolanya dengan baik, maka tentu akan diminta lagi ke provinsi," ungkapnya.

Hal senada pula ditambahkan Kabid Perikanan Tangkap Ir. Amrin Umar. Dikatakannya, kelompok yang mendapatkan bantuan kapal tersebut yakni kelompok  Tuna Perkasa, di Kecamatan Marisa. Mereka mendapatkan satu unit kapal dengan kapasitas 30 GT. Sementara kelompok yang mengelola kapal tersebut masih merupakan nelayan biasa, jadi untuk operasional yang mereka pergunakan cukup tinggi. Operasional itu sendiri bukan hanya Bahan Bakar Minyak (BBM) saja, akan tetapi konsumsi atau alat-alat lainnya.

"Mereka yang melaut ini bukan hanya sehari saja, akan tetapi bisa berminggu-minggu dan bahkan berbulan-bulan. Oleh karena itu, jika ada yang memiliki anggaran untuk operasional ini, maka kapal tersebut akan diminta lagi ke pemerintah provinsi. Artinya, agar kapal ini tidak rusak, maka dikembalikan lagi ke provinsi," tandasnya.

MARISA--Kapal bantuan yang diserahkan kepada kelompok nelayan  di Kabupaten Pohuwato, dikembalikan lagi kepada pihak provinsi. Alasan pengembalian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News