Neraca Perdagangan 2021 Surplus, Wamendag Optimistis Akan Terus Belanjut

Neraca Perdagangan 2021 Surplus, Wamendag Optimistis Akan Terus Belanjut
Wamendag Jerry Sambuaga dalam webinar PPI Asia-Oceania. Foto tangkapan layar YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan surplus neraca perdagangan Indonesia terus berlanjut hingga Mei 2021.

Pada Mei surplus mencapai USD 2,36 miliar sehingga secara total dari Januari sampai Mei surplus perdagangan Indonesia mencapai USD 10,17 miliar.

Menurutnya, catatan bagus ini melanjutkan prestasi pada 2020 yang nilai surplusnya mencapai USD 20 miliar. 

"Capaian ini patut disyukuri," kata Jerry dalam webinar ekspor besutan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Asia-Oceania baru-baru ini.

Menurut dia capaian tersebut adalah prestasi dari pelaku usaha yang difasilitasi Kemendag bersama kementerian dan lembaga lain. 

Wamendag menyebutkan saat ini ekonomi dan perdagangan internasional sedang berada pada tahap konsolidasi setelah sekian lama terdampak pandemi Covid-19.

Ada dua hal yang sedang dilakukan seluruh pihak adalah vaksinasi Covid-19 massal dan adaptasi kehidupan sosial. 

“Vaksinasi massal di berbagai negara tujuan ekspor memberikan potensi bagi pengembangan perdagangan di masa depan. Mudah-mudahan tingkat imunitas masyarakat dunia makin baik sehingga ekonomi kembali pulih," tuturnya.

kemendag mencatat dari Januari sampai mei 2021, neraca perdagangan Indonesia tetap surplus, ini melanjutkan dengan capaian di 2020

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News