Ngambek, Trump Jegal Lawatan Kongres AS ke Luar Negeri

Ngambek, Trump Jegal Lawatan Kongres AS ke Luar Negeri
Presiden Donald Trump di Sidang Umum PBB. Foto: AFP

jpnn.com, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump belum bisa melupakan saran Ketua Dewan Perwakilan AS Nancy Pelosi yang membuatnya malu sekaligus marah. Yakni, menjadwalkan ulang pidato kenegaraan. Sebab, negara sedang berada dalam keadaan shutdown parsial.

Trump pun membalas pernyataan Pelosi yang telah mempermalukan dirinya tersebut. Dengan alasan yang sama, dia membatalkan lawatan Kongres AS ke Afghanistan dan Belgia pada Kamis (17/1).

Saat perintah pembatalan itu turun, Pelosi dan para legislator AS yang lain sudah duduk di dalam bus milik Angkatan Udara (AU). Bus itu seharusnya membawa mereka dari Capitol Hill, Washington, ke pangkalan udara gabungan Andrews di Maryland.

Baca Juga:

BACA: Ngambek, Trump Bergegas Tinggalkan Pertemuan dengan Demokrat

 

Namun, sekitar satu jam sebelum pesawat dijadwalkan terbang, Trump menerbitkan larangan bagi anggota Kongres untuk melakukan perjalanan mancanegara.

Trump juga melarang pemakaian pesawat milik militer untuk keperluan lawatan tersebut. "Karena shutdown, dengan sangat menyesal, saya harus menyampaikan kepada Anda bahwa perjalanan ditangguhkan." Demikian bunyi petikan surat Trump. Pernyataan itu diunggah Sarah Huckabee Sanders, jubir Gedung Putih, di akun Twitter-nya.

Dalam suratnya, Trump menyebutkan bahwa perjalanan tujuh hari itu akan dijadwalkan ulang. Tentu saja setelah shutdown parsial berakhir.

Tingkah Presiden Amerika Serikat Donald Trump makin mirip anak kecil. Sakit hati kepada Ketua Dewan Perwakilan AS Nancy Pelosi, Trump larang anggota Kongres melawat ke luar negeri

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News