Ngeri, Korut Sudah Mampu Memproduksi Tujuh Bom Nuklir

Ngeri, Korut Sudah Mampu Memproduksi Tujuh Bom Nuklir
Yongbon, pabrik tempat Korut memproduksi material bom nuklir mereka. Foto: AP

jpnn.com - Yongbon menjadi perbincangan pasca pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un di Hanoi, Vietnam.

Area yang dibangun pada 1961 itu diibaratkan sebagai pabrik yang memproduksi material untuk senjata nuklir Korut. Di Yongbyon itulah pengayaan uranium dilakukan dan laboratorium penelitian nuklir didirikan.

Tak ada yang bisa menggambarkan dengan pasti seperti apa Yongbyon sekarang. Foto-foto yang beredar saat ini hanya berasal dari gambar satelit ataupun yang sengaja dirilis pemerintah Korut.

Pusat Penelitian Ilmiah Nuklir Yongbyon memiliki reaktor IRT-2000 yang sudah ada sejak 1965. Alat itu mampu memproduksi uranium untuk penelitian. IRT-2000 bisa memproduksi tritium atau lithium deuteride. Beberapa gram tritium di hulu ledak bisa meningkatkan kekuatan ledakan hingga berkali lipat.

Yongbyon kini memiliki reaktor 5 megawatt yang mampu memproduksi plutonium dalam jumlah besar. International Atomic Energy Agency (IAEA) beberapa kali melihat reaktor tersebut. Tapi, sekali lagi, itu dilakukan jika Korut mengizinkan.

Sejak September 2010 ada pembangunan besar-besaran di Yongbyon. Diyakini ada dua fasilitas nuklir lain di Korut yang lumayan besar. Salah satunya di dekat Kangson.

Peneliti nuklir Siegfried Hecker yang pernah empat kali berkunjung ke Yongbyon mengungkapkan bahwa kompleks tersebut mampu memproduksi material untuk tujuh bom atom pada 2018 saja. Tak ada yang tahu dengan pasti jumlah senjata nuklir yang dimiliki Korut. Bisa jadi lebih dari 30 seperti yang diperkirakan selama ini.

Senjata nuklir itu memang menjadi daya tawar utama Korut. Para pengamat menilai bahwa perang antara Korut dan AS tak mungkin terjadi meski mereka saling perang mulut seperti yang dilakukan Trump dan Jong-un dulu. Kondisi geografis dan kemampuan militer dua negara membuat hal itu sulit terjadi.

Pabrik nuklir Yongbon menjadi perbincangan pasca pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News