Ngobras Perdana 2022, Penyuluh Dibekali Cara Memanfaatkan Teknologi Informasi

Ngobras Perdana 2022, Penyuluh Dibekali Cara Memanfaatkan Teknologi Informasi
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengajak para penyuluh pertanian untuk mengasah kreativitas dalam kegiatan Ngobrol Asyik Penyuluhan (Ngobras). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kegiatan Ngobrol Asyik Penyuluhan (Ngobras) yang kembali hadir pada tahun 2022, mengajak para penyuluh pertanian untuk mengasah kreativitas.

Hal ini juga memperkuat pembangunan pertanian mempunyai tujuan menyediakan pangan bagi 273 juta jiwa penduduk Indonesia, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan ekspor pertanian.

Untuk menghasilkan produktivitas, kualitas dan kontinuitas yang baik, Kementerian Pertanian terus berupaya menghadirkan SDM pertanian yang profesional daya saing dan wirausaha.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan Kementerian Pertanian akan terus melakukan pemberdayaan penyuluh, peningkatan kapasitas penyuluh dan pengalaman serta ilmu pengetahuan penyuluh.

Mentan terus mendorong para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk memiliki kemampuan membaca tantangan agroklimat dalam upaya mempercepat terwujudnya ketahanan pangan nasional.

“Saya ingin ke depannya kemampuan PPL di atas rata-rata. Ini penting agar kita semua bisa menjangkau tantangan baru termasuk tantangan agroklimat yang ada. Karena itu kuasai teknologi,” ujar Mentan SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, secara virtual dari Ruang AOR BPPSDMP menyampaikan bahwa tugas penyuluh adalah meningkatkan kapasitas petani, bagaimana caranya mendampingi petani agar mau dan mampu mengaplikasikan teknologi pertanian untuk menggenjot produktivitas dan meningkatkan produksi pertanian serta meningkatkan kesejahteraan petani.

"Bukan hanya menyediakan pangan untuk masyarakat di Indonesia, tapi juga menyediakan pangan untuk pasar luar negeri atau ekspor. Tahun 2022 ini harus lebih baik dari tahun 2021 agar kita termasuk orang yang beruntung," katanya dalam acara Ngobrol Asyik Penyuluhan (Ngobras) Volume 1, Selasa (4/1).

Kegiatan Ngobrol Asyik Penyuluhan (Ngobras) yang kembali hadir pada tahun 2022 mengajak para penyuluh pertanian untuk mengasah kreativitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News