Rabu, 20 Februari 2019 – 06:30 WIB

Nih Data Isu Negatif Jokowi dan Prabowo di Media Sosial

Kamis, 07 Februari 2019 – 22:16 WIB
Nih Data Isu Negatif Jokowi dan Prabowo di Media Sosial - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Temuan Politicawave menunjukkan bahwa pasangan Jokowi - Ma'ruf lebih mendominasi percakapan netizen dibandingkan Prabowo - Sandi. Perbandingannya 57.25 persen dan 42.75 persen. Namun keduanya juga tidak lepas dari perbincangan seputar isu negatif.

Demikian disampaikan pendiri Politicawave Yose Rizal di kawasan Cikini, Jakarta Pusat pada Kamis (7/2). Pemantauan dilakukan lembaga tersebut periode 28 Januari – 4 Februari 2019, melibatkan 1.899.881 percakapan oleh 267.059 akun terkait kedua kandidat.

Nah, Yose menjelaskan, pada sisi sentimen percakapan, pasangan capres petahana diperbincangkan secara positif oleh netizen sebesar 80 persen dan percakapan negatif sebesar 20 persen. Sementara pasangan Prabowo - Sandiaga meraih jumlah percakapan positif sebesar 74 persen dan percakapan negatif sebesar 26 persen.

Beberapa isu positif yang ramai diperbincangkan netizen terkait pasangan pasangan 01 yaitu kebersamaan mantan wali kota Solo itu dengan keluarga, deklarasi dukungan dari sejumlah pihak.

"Termasuk pertemuan dengan ulama, pembangunan desa dan pembangunan infrastruktur," lanjut Yose.

Terkait pasangan Prabowo - Sandiaga, beberapa isu positif di antaranya soal doa KH Maimoen Zubair untuk Prabowo, kegiatan jalan sehat bersama mantan Danjen Kopassus itu, blusukan Sandiaga, deklarasi dukungan dari sejumlah pihak, dan janji tidak impor pangan.

Sedangkan isu negatif terkait pasangan Jokowi - Ma’ruf di antaranya menyangkut pemenjaraan Ahmad Dhani, kritik pernyataan Jokowi terkait propaganda Rusia, doa KH Maimun untuk Prabowo yang disampaikan disamping Jokowi.

"Kemudian pernyataan Menkominfo “Yang gaji kamu siapa?”, dan pernyataan Walikota Semarang terkait yang melarang warga menggunakan jalan tol jika tidak mendukung Jokowi," jelas Yose.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar